Header Ads

Wilayah Sumba Barat Daya diguncang gempa 5.6 SR, ini sebabnya

Wilayah Sumba Barat Daya diguncang gempa 5.6 SR, ini sebabnya

Wilayah Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR). Gempa terjadi jelang subuh pukul 03.25 Wita.

Pusat gempa berada di koordinat 9,39 LS dan 118,45 BT tepatnya di laut atau 57 km arah barat Kota Waikahaka, Kabupaten Sumba Barat Daya. Adapun kedalamannya 20 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru- Kupang, Robert Owen Wahyu, mengatakan gempa terjadi akibat aktivitas sesar mendatar (strike slip fault).

"Sesuai dengan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar," kata Robert Owen. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (29/5).

Meski kekuatan gempa tak terlalu besar, namun di beberapa wilayah seperti Sumba Barat dan Sumba Barat Daya dirasakan.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut.

Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike slip fault).

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

No comments

Powered by Blogger.